Laman

Selasa, 23 September 2014

Pengertian Matematika Ekonomi

Matematika Ekonomi adalah aplikasi matematika metode , untuk mewakili teori ekonomi dan menganalilsis masalah-masalah yg di ajukan dalam ekonomi. hal ini memungkinkan formulasi dan derivasi dari hubungan kunci teori dalam kejelasan, umum , ketelitian , dan kesederhanaan.dengan konvensi,metode merujuk pada orang diluar geometri sederhana,seperti deferensial,dan intergal kalkus perbedaan dan persamaan deferensial ,aljabar metrik, dan pemprograman matematis dan lain metode komputasi

1. Kegunaan Matematika dalam Ekonomi dan Bisnis, antara lain
  1. Menyediakan dalil-dalil matematis sehingga mempermudah ekonomi dalam menuangkan kenyataan dalam simbol-simbol.
  2. Dapat menggunakan banyak variabel dalam menuangkan kedalam model matematika.
  3. Untuk menguji kebenaran teori ekonomi.
  4. Meramalkan gerak perkembangan nilai variabel ekonomi.
  5. Membantu menghasilkan model ekonomi.
  6. Merumuskan hubungan variable ekonomi dalam bentuk matematis.
  7. Penyajian masalah ekonomi dengan lebih sempurna.
  8. Alat Bantu untuk memprediksi fenomena ekonomi.
  9. Menyederhanakan,menyajikan data yang komplek dalam bentukyang sederhana.
  10. Menggambarkan konsep dengan lugas.


2. FUNGSI MATEMATIKA DALAM EKONOMI
Fungsi matematika dalam elkonomi untuk mewakili teori ekonomi dan menganalisis masalah yang diajukan dalam ekonomi .
matematika ekonomi adalah suatu pendekatan analisis ekonomi dengan menggunakan simbol-simbol matematika dan logika matematika dalam merumuskan teori ekonomi dan permasalahan dalam ilmu ekonomi. Sebelum matematika ekonomi diadopsi secara luas, teori ekonomi masih mengandalkan analisis grafik; namun analisis ini terkendala oleh visualisasi yang hanya terbatas pada dua dimensi karena visualisasi lebih dari dua dimensi tidak mudah difahami. Baru setelah tahun 1950, perkembangan matematika ekonomi makin pesat seiring berpindahnya para ahli-ahli matematika menjadi akademisi ekonomi seperti Kenneth Arrow, Gerard Debreu, Frank Hahn dan Hildenbrandt.
Dengan bahasa matematika, penggunaan ekspresi verbal digantikan dengan simbol-simbol matematika sehingga penyampaian ide bisa lebih efisien, lebih akurat dan lebih sistematis.

3. APLIKASI MATEMATIKA YANG DIGUNAKAN DALAM ILMU EKONOMI
seperti diferensial dan integral kalkulus , perbedaan dan persamaan diferensial , aljabar matriks , dan pemrograman matematika dan lain metode komputasi .

4. ARITMATIKA SOSIAL

A. Harga pembelian, harga penjualan, untung, dan rugi. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai atau melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan. Dalam perdagangan terdapat penjual dan pembeli. Jika kita ingin memperoleh barang yang kita inginkan maka kita harus melakukan pertukaran untuk mendapatkannya. Misalnya penjual menyerahkan barang kepada pembeli sebagai gantinya pembeli menyerahkan uang sebagai penganti barang kepada penjual. Seorang pedagang membeli barang dari pabrik untuk dijual lagi dipasar. Harga barang dari pabrik disebut modal atau harga pembelian sedangkan harga dari hasil penjualan barang disebut harga penjualan.Dalam perdagangan sering terjadi dua kemungkinan yaitu pedagan mendapat untung dan rugi.

Kalkulus (Bahasa Latin: calculus, artinya “batu kecil”, untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.
Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar